Kamis,  12  Desember  2019 |  WIB Selamat Datang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara Kelas 1A Khusus , Jl. Gajah Mada No.18, RT.3/RW.1, Petojo Utara,Gambir, Kota Jakarta Pusat,Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130 Telp. (+62) 021-6309916 Fax. (+62) 021-6309864, e-mail : pengadilannegerijakartautara@gmail.com ----
Mahkamah Agung Republik Indonesia
Pengadilan Negeri Jakarta Utara Kelas 1A Khusus
Jl. Gajah Mada No.18, RT.3/RW.1, Petojo Utara,Gambir, Kota Jakarta Pusat,Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130


PN. JAKARTA UTARA TERIMA KUNJUNGAN DARI PERWAKILAN OPDAT DARI DEPARTEMEN KEHAKIMAN AS UNTUK INDONESIA







Selasa, 14-05-2019 | 02:07:39 WIB




Jakarta, 19 November 2019. Kunjungan informal tersebut adalah dalam rangka audiensi dan diskusi informal dalam rangka rencana tindak lanjut kerjasama dalam upaya peningkatan keamanan pengadilan dan Persiapan kunjungan Kepala United State Marshal Service (US Marshals) beserta Para Ahli Keamanan dari divisi Pengamanan Pengadilan Departemen Kehakiman AS, yang akan berkunjung ke Indonesia sekitar minggu ke dua bulan Januari 2020 Mendatang. Kunjungan informal tersebut dipimpin oleh Mr Bruce Miyake bersama beberapa Intepreter dari Kedubes AS disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Wakil Ketua beserta Jajaran Hakim PN Jakarta Utara. Dalam lawatan tersebut, Mr Bruce Miyake Menyampaikan maksud tujuannya adalah “menghimpun data dan masukan yang bisa direkomendasikan dalam pertemuan dan kegiatan ke depan agar program dan keinginan dan tujuan kerjasama kedua belah pihak, lebih efektif dan efisien”

Pada kesempatan tersebut, H. Amin Ismanto, S.H., M.H. selaku ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara “Menyampaikan terima kasih atas kedatangan perwakilan OPDAT yang telah banyak memberi perhatian khusus dalam perlindungan keamanan peradilan dan Hakim secara personal dan kami senantiasa akan mendukung agar kenyamanan dan kinerja yang terpenuhi dengan baik dapat memberi dukungan yang baik juga bagi kinerja hakim dimasa mendatang.” Dalam kesempatan yang sama terjadi pula dialog terbatas dan masukan dari beberapa Hakim yang menangani langsung terutama perkara yang bernilai resiko tinggi. Perwakilan OPDAT juga sempat menanyakan kepada Salah satu Peserta yang sempat mengikuti Kunjungan ke Amerika di Brooklyn, Agus Ardiansyah, S.Sos., M.H. (Kepala Bagian Uumum) pertengahan Maret 2019 lalu, apakah pengalaman yang didapat dalam kunjungan di Amerika telah di terapkan disini dan hambatan apa yang dihadapi? Dalam audiensi tersebut Agus Ardiansyah, S.Sos., M.H. secara singkat menjelaskan bahwa “beberapa langkah telah kami lakukan dengan mengelola pengamanan pengadilan dengan potensi yang ada, dan kami para peserta juga saat itu merumuskan beberapa masukan dan informasi yang telah kami himpun selama kunjungan tersebut, untuk bisa direkomendasikan kepada Petinggi Lembaga sebagai Pemangku Kepentingan untuk memberi regulasi dan dukungan agar pengelolaan keamanan pengadilan lebih menyeluruh dimasa depan dapat antara lain Pembaharuan SOP, Prototype Gedung dan Sarana Keamanan, Kelembagaan Keamanan Pengadilan, SDM berseta rekruitmen dan Pelatihannya”

Dukungan keamanan Pengadilan sudah seharusnya mendapat perhatian serius karena jaminan keamanan merupakan syarat mutlak dalam mendukung kinerja Hakim dan penegak hukum lainnya guna terwujudnya keluhuran dan kewibawaan lembaga Pengadilan serta dukungan kita dalam mendukung penegakan peraturan Contempt Of Court yang sedang di rancang karena tantangan dan dunia peradilan kedapan lebih dinamis.(TEAM IT & HUMAS PNJU)

 

INFORMASI CEPAT